Jumat, 12 April 2013

FaktaPedia : Kopi


Selamat datang kembali, para pembaca! Sudah lama sekali saya tidak mengepost tentang artikel-artikel disini. Maklumi, ada sedikit kehidupan diri saya yang harus saya pentingkan. Tunggu dulu, kita tidak akan bahas itu sekarang, yang kita bahas kai ini ialah tentang FaktaPedia mengenai kopi. Anda sering minum kopi? Apa yang anda rasakan? Kita semua sudah tau kalau kopi mengandung kafein. Tapi taukah anda, masih ada fakta lain menenai kopi? Ini dia:

Sampai abad ke 10, Kopi masih dianggap sebagai makanan, bukan minuman. Anggota suku Ethiopia mencampur buah berry kopi dengan lemak hewan, membentuk mereka menjadi bulat layaknya bola. Makanan berbentuk bola ini membuat mereka tetap berenergi dalam perjalanan panjang mereka. Pasti makin semangat buat menjalani hidup, ya kan?
Awalnya, kopi cuma boleh diminum oleh para bangsawan Eropa. Namun Kira-kira tahun 1683 di Venice, dibukalah kedai kopi pertama untuk masyarakat umum. Jadi, ngak Cuma High-Level aja yang bisa minum kopi, siapa aja bisa.
Pada abad ke 17, tanpa alasan yang jelas, seorang raja Inggris pernah melarang peredaran kopi. Kira-kira Kenapa ya?
Istilah “cappuccino” dipercaya berasal dari biarawan Capuchin dimana mereka memakai tudung yang dinamakan cappuccinos. Cappuccino lalu menjadi penjelasan cara mencampur espresso dengan susu atau cream. Kok dinamain Cappuccino? karena warna yang dihasilkan mirip seperti warna kepala biarawan Capuchin. Hehhehe…. Kopi warna kepala? Apa jadinya, ya?
Bapak George Washington (Eitttts… bukan pak George Washington yang jadi Presiden Amerika, ya!) seorang ahli kimia asal Inggris yang tinggal di Guatemala menciptakan Kopi Instan pada tahun 1906.

Gimana? Udah tau beberapa mengenai Kopi, kan? Jangan lupa tunggu Fakta-Fakta unik di FaktaPedia Berikutnya, ya! Sampai jumpa, dan Selamat Berkopi Ria!

Sumber: Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar